Untuk memahami bagaimana sebenarnya politik, kita dapat memahami dinamika politik dengan kacamata sistem sebagaimana kajian dan fenomena sosial lainnya keseluruhan yang kompleks dan terorganisasi. Sudut pandang ini mengandalkan politik sebagai kesatuan utuh yang terdiri dari bagian dan masing-masing bagian memiliki peran dan fungsi. Keseluruhan bagian bersifat saling berhubungan (inter-relasi) dan saling bergantung (inter-dependensi). Jika ada bagian yang mengalami gangguan, maka secara keseluruhan system akan mengalami hambatan.

Menurut Drs. Sukarna, sistem politik adalah sekumpulan pendapat, prinsip, yang membentuk satukesatuan yang berhubungan satu sama lain untuk mengatur pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur individu atau kelompok individu satu sama lain atau dengan Negara dan hubungan Negara dengan Negara.

Rusadi Kartaprawira mengemukakan bahwa seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik yang berhubungan satu sama lain dan menunjukkan suatu proses yang langgeng.

Menurut David Easton sistem politik terdiri dari input, proses, dan output. Keseluruhan aktivitas yang siklis ini dikelilingi (tidak terlepas dari) dan dipengaruhi oleh lingkungan atau sistem lainnya.

  • input dalam sistem politik berupa: aspirasi atau kehendak masyarakat. Bentuknya berupa tuntutan, dukungan, maupun sikap apatis.
  • Proses dalam sistem mencakup serangkaian tindakan pengambilan keputusan baik oleh lembaga legislative, eksekutif, maupun yudikatif dalam memenuhi menolak aspirasi/kehendak masyarakat.
  • Output dalam sistem adalah kebijakan publik yang dimaksudkan untuk mendukung/memenuhi aspirasi masyarakat ataupun ketidakbersediaan lembaga politik untuk mengakomodasi aspirasi tersebut. Output tersebut akan menjadi bahan kembali input (Feedback) demikian seterusnya system politik berjalan.

Menurut Gabriel Almond, dalam setiap sistem politik terdapat enam struktur atau lembaga politik, yaitu kelompok kepentingan, partai politik, badan legislatif, badan eksekutif, birokrasi, dan badan peradilan. Dengan melihat keenam struktur dalam setiap sistem politik, kita dapat membandingkan suatu system politik dengan sistem politik yang lain. Hanya saja, perbandingan keenam struktur tersebut tidak terlalu membantu kita apabila tidak disertai dengan penelusuran dan pemahaman yang lebih jauh dari bekerjanya sistem politik tersebut.

Ciri-Ciri Sistem Politik

Menurut Gabriel A. Almond sistem polit memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Semua sistem politik termasuk yang paling sederhana mempunyai kebudayaan politik. Dalam pengertian bahwa masyarakat yang paling sederhanapun mempunyai sistem politik yang terdapat dalam masyarakat yang apaling fleksibel sekalipun.
  2. Semua sistem politik menjalankan fungsi-fungsi yang sama walaupun tingkatanya berbeda-beda yang ditimbulkan karena perbedaan struktur.
  3. Semua struktur politik baik pada masyarakat yang primitif maupun modern melaksanakan banyak fungsi.
  4. Semua sistem politik adalah sistem campuran dalam pengertian kebudayaan. Secara rasional tidak ada struktur dan kebudayaan yang semuanya modern atau primitif, melainkan dalam pengertian kebudayaan, semuanya campuran antara unsur modern dan unsur tradisional.

Komponen Sisitem Politik

Menurut Samuel P.Huntingon komponen sistem politik meliputi:

  1. kultur, yaitu nilai-nilai, sikap, orientasi, mitos dan kepercayaan yang relevan terhadap politik yang berpenagruh terhadap masyarakat
  2. struktur, yaitu organisasi formal dalam masyarakat yang digunakan untuk menjalankan keputusan-keputusan yang berwenang.
  3. kelompok, yaitu bentuk-bentk social dan ekonomi, baik formal maupun nonformal, yang berpartisipasi dalam mengajukan tuntutan-tuntutan terhadap struktur politik
  4. kepemimpinan, yaitu individu dalam lembaga-lembaga politik dan kelompok-kelompok politik yang menjalankan pengaruh lebih daripada yang lainnya dalam memberikan alokasi nilai-nilai
  5. kebijakan, yaitu pola-pola kegiatan pemerintahan yang secara sadar terbentuk untuk mempengaruhi distribusi keuntungan dalam masyarakat

Sumber:

http://zainalmuttaqin.blog.com/files/2011/03/KOMPILASI-BAHAN-BELAJAR-SOSIOLOGI-DAN-POLITIK-UNSERA-2011.pdf

http://anggawibisono-on-sharetask.blogspot.com/p/blog-page_3240.html

About yanzdrughi

its me :: ¤═══¤۩۞۩ஜ▀ஜ۩۞۩¤═══¤ ██ 1. Allah S.W.T ███ 2. Nabi Muhammad S.A.W ████ 3. Keluarga █████ 4. Juventus ¤═══¤۩۞۩ஜ▄ஜ۩۞۩¤═══¤

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s